Wednesday 25 February 2009

Film Anti Iran Karya Hollywood

By : dzulfikar

A scene from the controversial anti-Iranian Hollywood film 300

A scene from the controversial anti-Iranian Hollywood film '300'

Juru bicara Departemen Luar Negeri Iran, Hassan Qashqavi, mengatakan bahwa Para pembuat film Hollywood telah membuat sebanyak 30 judul film anti-Iran.

“Hollywood memiliki tiga puluh judul film anti-Iran dengan topik permusuhan terhadap sejarah dan identitas Islam Iran,” kata Qashqavi kepada wartawan pada konferensi berita mingguan di Teheran hari Senin.

“Tujuan pembuatan berbagai film tersebut tidak hanya secara langsung menyerang identitas sejarah dan sifat agamis Iran, tetapi juga nilai-nilai sosial Iran termasuk keramahannya, sebagai upaya untuk menunjukkan permusuhan terhadap Republik Islam Iran,” tambahnya.

“Ada beberapa tujuan politik di balik pembuatan sejumlah film dengan dalih karya seni tersebut,” paparnya.

Film anti-Iran Produksi Hollywood yang sangat controversial adalah film ‘300 ‘, yang dibuat oleh Zack Snyder, merupakan satu dari film-film seperti itu. Film “300” telah dikritik keras karena menyajikan data sejarah yang tidak akurat dalam kejadian-kejadian yang ditampilkannya. Bangsa Persia dalam film ini tersebut digambarkan sebagai makhluk jelek dan penuh kekerasan.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebut film tersebut sebagai sebuah pendistorsiaan sejarah, dan sebagai usaha ‘perang psikologis’ yang dilancarkan Barat untuk menghambat kemajuan Iran.

Banyak sejarawan telah menyebut film Hollywood tersebut sebagai narasi sejarah yang tidak tepat, dengan semata-mata bermotif politis.

No comments:

Post a Comment